INFORMASI TERBARU

SD IMMANUEL TERAPKAN GREEN SCHOOL


Penataan Lingkungan SD Immanuel menjadi Green School, merupakan penataan lingkungan sekolah yang menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM baik dalam ruang atau luar ruang, serta bermanfaat bagi lingkungan sekolah Immanuel dan sekitarnya.
Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.
Manfaat penghijauan di sekolah adalah untuk mengurangi dampak global warming,  menyejukan udara di sekitarnya, memperindah pemandangan dan menjadikan paru-paru dunia dilingkungan sekolah. Penhijauan tidak hanya menanam pohon saja tetapi dengan membersihkan setiap ruangan dan linkungan sekitar sekolah serta membuang sampah pada tempatnya juga termasuk penghijauan.Salah satu cara yang di lakukan sekolah kami adalah menyediakan tong sampah di setiap ruangan kelas dan dilingkungan sekolah.
Penghijauan adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan dalam menangani krisis lingkungan dan pemanasan global yang sedang terjadi saat ini. Penghijauan mempunyai berbagai peran dan fungsi. Peran dan fungsi dari penghijauan diantaranya adalah sebagai paru-paru lingkungan yang sangat diperlukan makhluk hidup untuk bernafas, sebagai pengatur lingkungan yang dapat memberikan kesejukan, kenyamanan serta kesegaran di lingkungan sekitar, melestarikan keindahan lingkungan, sebagai penyeimbang alam yang memberikan rasa nyaman bagi makhluk hidup, sebagai perlindungan yang dapat memberikan kondisi fisik alami di sekitar lingkungan, memberikan keindahan yang dapat dijadikan panorama lingkungan dan sebagai lingkungan yang sehat baik jasmani maupun rohani bagi makhluk hidup yang ada di sekitarnya.
Jika di suatu sekolah tidak ada penghijauan banyak sekali dampak negatifnya seperti, global warming yaitu menipisnya lapisan ozon di udara dikarenakan pemanasan matahari serta kurangnya udara sehat dan kurangnya penghijauan.
Menurut berbagai penelitian, belum semua sekolah-sekolah menerapkan penghijauan di sekolahnya, padahal pemerintah telah mensosialisasikan pentingnya penghijauan di sekolah, agar mendapatkan udara yang sejuk, serta lingkungan yang baik. Untuk itu pihak sekolah harus mengajak seluruh siswa siswi sekolahnya untuk melakukan penghijauan. Penghijauan bisa dilakukan sesederhana mungkin misalnya, dengan membawa bunga dari rumah dan meletakkannnya di depan kelas. Dan siswa itu diharapkan untuk merawatnya.
Sekolah Dasar Immanuel  memang sedang memulai melakukan penghijauan dengan menanam berbagai macam jenis tanaman. Tanaman tersebut diletakkan di halaman sekolah, selain itu tanaman tersebut juga ada beberapa yang ditaruh di depan kelas dan didalam kelas dengan tujuan memberikan kenyamanan ketika proses belajar-mengajar sedang berjalan. Tujuan SD Immanuel melakukan kegiatan “Green School” adalah menuju sekolah “Adi Wiyata”.
Menurut saya penghijauan yang dilakukan di sekolah memang belum maksimal tetapi usaha menghijaukan sekolah akan terus dilakukan sampai seluruh lingkungan sekolah menjadi hijau. Dengan adanya penghijauan di sekolah memungkinkan orang-orang yang sebelumnya tidak mengetahui tentang SD Immanuel menjadi lebih mengenal karena penghijauannya dijalankan dengan baik. Jika penghijauan dijalankan dengan baik maka memungkinkan orang-orang akan tertarik untuk menyekolahkan putra-putrinya disekolah yang melaksanakan penghijauan dengan baik.
Penghijauan sangat mudah dilakukan apabila ada kemauan dari masing-masing individu. Karena manfaat penghijauan sangat besar untuk kesehatan kita. Kami mengajak siswa siswi agar melakukan penghijauan di sekolahnya. Dan para guru harus meyakinkan para siswa dampak positif dan negatifnya apabila melakukan penghijauan. Dan mengajak anak didiknya melakukan penghijauan dengan hal hal yang menarik. Misalnya, melakukan acara penanaman seribu bunga disekolah. Dan perlombaan bunga sehat tiap kelas, siswa siswi pun diharapkan bisa tertarik melakukan penghijauan.
Pemerintah Kota Batu baru saja melaksanakan kegiatan penanaman pohon disekitar Block Office “ Among Tani “  sumbangan tanaman dari semua sekolah se Kota Batu. Pohon palm, beringin, akasia, aneka macam bunga dan lain-lain kini telah mulai menghijau. Pemerintah Kota Batu kini juga giat membuat taman kota dan taman hijau ramah anak di setiap kecamatan, dengan demikian kota Batu bisa menjadi ‘GREEN CITY” dimata dunia, dengan udara terjamin kualitasnya .
Apakah ada korelasi “GREEN CITY” Kota Batu dengan “GREEN SCHOOL” SD Immanuel sudah barang tentu ada, SD Immanuel memberikan sumbangsih terciptanya “GREEN CITY” Kota Batu dengan penghijauannya.



Penulis
Titus D, S.Th., S.Pd 

No comments