INFORMASI TERBARU

Belajar Cinta Lingkungan di Eco Green

Setelah kemarin ke Jatim Park 1 hari ini giliran siswa kelas 3 yang melaksanakan pembelajaran di luar kelas. Kegiatan ini dilaksanakan di Wahana Wisata Edukasi Eco Green. Wisata Eco Green yang berlokasi di area Jatim Park 2 ini merupakan wisata yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan hidup kepada pengunjungnya. Di sini siswa di ajak untuk mengenal berbagai macam unggas dan juga tanaman. Wahana-wahana di dalam Eco Green park pun tidak lewat dari obyek pembelajaran, berikut merupakan beberapa wahana di sana, seperti Insectarium, Walking Bird, Jungle Adventure, Animal Farm, Hydroponic, Burung Kakak Tua Sedunia (World Parrots), Kerajaan Bebek (Duck Kingdom), Pasar Burung, Dome Multimedia, Eco Journey, Eco Science Center, dan Demo Memeras Sapi Perah. Siswa-siswi juga di ajak untuk menanam berbagai macam tumbuhan organik, mencatat informasi terkait lingkungan hidup di sekitar, dan mendengarkan berbagai ulasan mengenai hewan dan tumbuhan. 


Banyak penelitian yang membuktikan bahwa pembelajaran yang dilakukan di luar kelas mampu meningkatkan berbagai aspek diri pada siswa. Para peneliti tersebut mengatakan bahwa belajar di luar ruang kelas itu penting guna meningkatkan kemampuan sosial (social skill), kesehatan, dan perkembangan bagi pada siswa. Aktivitas belajar di alam terbuka juga mampu meningkatkan kualitas mental pada murid sekolah.

Telah ada 5 hasil penelitian utama selama 10 tahun terakhir yang menekankan pentingnya para peserta didik untuk belajar secara outdoor dan lebih merasakan alam terbuka. Sayangnya, menurut para peneliti, banyak sekolah yang tidak mengindahkan rekomendasi hasil penelitian tersebut.
Riset yang dilakukan oleh para peneliti dari universitas Plymouth dan organisasi Alam Inggris menyebutkan tentang banyaknya manfaat belajar di alam terbuka bagi anak-anak. Salah satunya adalah bisa membangun kepercayaan diri pada anak sehingga mereka merasakan banyak hal dan hal itu penting bagi hubungan anak-anak dan orang tua.
Aktivitas luar ruangan itu adalah seperti misalnya memanjat pohon yang bisa meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan dan mengajarkan mereka untuk mencintai lingkungan.
Aktivitas belajar di alam terbuka atau di luar ruangan juga memiliki efek positif bagi kesehatan mereka. Belajar di luar ruangan memberikan banyak gerak yang itu baik bagi tubuh mereka daripada duduk saja di kelas atau bermain game.
Inilah bentuk pendidikan sekolah Immanuel dimana kami selalu berinovasi untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas. 




















No comments